Sunday, July 7, 2013

MANFAAT WUDHU BAGI KESEHATAN


Assalammua'laikum Warahmatullahi Wabarakatuh......

Apa Kabar Sahabat Muslim semua hari ini??semoga Sahabat selalu berada dalam Lindungan Allah SWT,Di kesempatan ini,saya akan membahas masalah Wudhu nih Sahabat,seperti yang Sahabat Ketahui,Wudhu adalah unsur yang paling penting dalam beribadah,mau itu Shalat,membaca Al-Qur'an,Mandi Junubpun juga Harus melaksanakan Wudhu Sahabat.........
Dikesempatan ini,saya akan membahas Tentang "MANFAAT WUDHU BAGI KESEHATAN",sebelum saya membahas Tema tersebut,ada Baiknya kita Membehas terlebih Dahulu apa itu Wudhu.....


I.Pengertian Wudhu

Menurut Bahasa,Wudhu berarti Bersih dan Indah Sahabat,bila menurut Istilah,Wudhu diartikan Membersihkan anggota Badan dengan air Bersih nan Suciberdasarkan Syarat & Rukun tertentu untuk Menghilangkan Najis yang Tergolong Ringan.....

II.Dalil yang memerintahkan Wudhu

Untuk Dalil,sebenarnya sangat Banyak Hadits Rasulullah yang memerintahkan Untuk Berwudhu,malah ada bebrapa Hadits yang menceritakan tentang Keistimewaan Berwudhu,tapi disini saya tidak akan membahas itu,yang akan Saya Bahas ialah pengertian dan Manfaatnya saja.

Allah SWT Berfirman:


Artinya:"Hai Orang-Orang yang beriman,apabila kamu Hendak mengerjakan Shalat,maka basuhlah mukamu dan tanganmu sampai dengan siku,dan sapulah kepalamu dan basuhlah kakimu sampai kedua mata Kaki,dan Jika kamu Junub maka Mandilah,dan Jika kamu Sakit atau sedang dalam Perjalanan atau kembali  dari Tempat buang Air,atau menyentuh Perempuan,lalu Kamu tidak Memperoleh Air,maka Bertayamumlah dengan Tanah yang bersih,sapulah mukamu dan Tanganmu dengan Tanah itu.Allah tidak Hendak Menyulitkan kamu,tetapi Dia Hendak membersihkan Kamu dan menyempurnakan Nikmat-Nya bagimu,supaya Kamu Bersyukur".
(Q.S Al-Maidah/5:6)


Nah,Sahabat kan sudah mengetahui Pengertian dan Dalil yang memerintahkan Berwudhu,sekarang mari Kita Bahas inti dari Artikel ini,yaitu Manfaat Wudhu Bagi Kesehatan.


1.Berkumur

Berkumur adalah salah satu Syarat Berwudhu Sahabat,Fungsi berkumur ialah membersihkan Rongga Mulut dan Gigi.Sisa-Sisa Makanan yang Kita Kunyah sering menyangkut ke dalam sela-sela gigi,nah,bila kita berkumur sebanyak 5x dalam sehari,berarti kita telah mencegah Infeksi Rongga mulut dan Gigi Kita.
Penelitian telah membuktikan,bahwa Berkumur dapat menjaga Mulut dan Tenggorokan dari Radang Sahabat.

2.Istinsyaq

Istinsyaq ialah menghirup air dengan Lubang Hidung,Fungsi Istinsyaq ialah membersihkan selaput dan Lendir Hidung dari Kuman yang ada di dalamnya.

3.Membasuh Muka dan Telapak Tangan

Ini adalah Syarat Wajib Berwudhu,manfaat Membasuh muka dan telapak tangan ialah membersihkan Muka dan Tangan kita dari Mikroba dan Debu,ini juga bermanfaat untuk menjaga Kulit Wajah Kita agar tetap Awet Muda.
Membersihkan Telinga juga sangat bermanfaat untuk mencegah masalah Infeksi Cacing.
4.Membasuh Kaki

Sangat banyak Manfaat dari Membasuh keseluruhan Kaki sampai mata Kaki dan seluruh Telapaknya,antara lain menghilangkan Kuman-Kuman yang ada dikaki Kita,ini juga Bermanfaat untuk Syaraf-Syaraf dan Membuat Hati kita pun Menjadi Nyaman,dikarenakan di telapak Kakilah Syaraf-Syaraf Akupuntur berada.


Sekian Artikel tentang "MANFAAT WUDHU BAGI KESEHATAN",Mudah-mudahan apa yang saya Berikan Bermanfaat Bagi Sahabat....

Wassalammua'laikum Warahmatullahi Wabarakatuh......

Salam 1 Hati......

No comments:

Post a Comment