Friday, July 5, 2013

MANFAAT SHALAT UNTUK KESEHATAN

Assalammua'laikum Warahmatullahi Wabarakatuh....

Apa Kabar Sahabat Muslim dimanapun anda berada???
senang sekali saya bisa menemani sahabat semua di Hari yang cerah ini,disini saya akan membahas MANFAAT SHALAT UNTUK KESEHATAN,sebelum kita membahas tentang itu,mari kita Ketahui dulu apa pengertian Shalat dan Dalil tentang Diwajibkannya Shalat....



I.Pengertian Shalat

Apakah Sahabat semua selalu melaksanakan Shalat??Tentulah Sahabat selalu melakukan Shalat,5x dalam satu Hari Waji dilaksanakannya Shalat bagi seorang Muslim.....
Tapi,apakah Sahabat semua sudah mengetahui apa arti Shalat???

Yuk,kita cari tau Pengertian Shalat....

Shalat adalah Ibadah Wajib untuk Muslim/Muslimat,bila diartikan secara etimologi,Shalat adalah Berdo'a..
oleh Para Ahli Fiqih,Shalat dibagi menjadi 2,yaitu:

-Shalat secara Lahir
-Shalat secara Hakiki

I.1.Shalat secara Lahiriah

Arti dari Shalat secara Lahiriah ialah Ucapan dan perbuatan yang di mulai dengan Takbir dan diakhiri dengan Salam,karena kita berniat Beribadah kepada Allah dengan melaksanakannya menurut Syarat-Syarat dan Rukunnya(Sidi Gazalba 88)...........

I.2.Shalat secara Hakiki

Shalat dalam arti Hakiki ialah menghadapkan Hati(jiwa)kita kepada Allah SWT,secara yang mendatangkan Takut Kepada-Nya serta menumbuhkan didalam Jiwa rasa Kebesaran-Nya dan Kesempurnaan Kekuasaan-Nya....

II.Dalil-Dalil yang memerintahkan Kita Untuk melaksanakan Shalat

Inilah beberapa Ayat Al-Qur'an yang mewajibkan Dilaksanakannya Shalat.....

Artinya:"Dan dirikanlah Shalat,Tunaikanlah Zakat,dan Ruku'lah bersama orang yang Ruku(Q.S Al-Baqarah/2:4)


Artinya:"Dan dirikanlah Shalat dan Tunaikanlah Zakat.dan Kebaikan apa saja yang Kamu Usahakan
bagi dirimu,tentu Kamu akan mendapatkan pahalanya pada sisi Allah.sesungguhnya Allah maha Melihat apa-apa yang kamu Kerjakan."
(Q.S Al-Baqarah/2:110)




Setelah kita mengetahui apa yang dimaksud dengan Shalat,mari kita membahas Topik utama kita,yaitu manfaat Shalat untuk Kesehatan....

Sesuai dengan pernyataan diatas,Shalat adalah suatu Gerakan yang diawali dengan Takbir dan Diakhiri dengan Salam,dan Taukaha Anda,gerakan-gerakan tersebut memiliki Manfaat tiada tara,apa itu???

III.Manfaat Gerakan Shalat

1.Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram adalah Gerakan mendasar Shalat,dengan mengkat kedua Tangan kita,lalu melipatnya di depan perut atau di Bawah dada.
Manfaat Takbiratul Ihram ialah melancarkan aliran darah,getah bening(limfe)dan kekuatan Otot lengan.Posisi Jantung di bawah Otak memungkinkan darah mengalir secara lancar pada Tubuh Kita.
Pada saat kita mengkat kedua Tangan kita,otot bahu akan Meregang,sehingga aliran darah kaya Oksigen akan Lancar,dan paad Waktu kita melipatkan tangan kita didepan Perut,gerakan ini akan Menghindarkan dari Gangguan Persendian,Khusunya Tubuh bagian Atas.

2.Ruku

Gerakan Ruku adalah menekan Lutut Kaki sekuat-kuatnya,sehingga posisi kepala dan Punggung lurus.
Manfaat Gerakan ini ialah menjaga kesempurnaan Posisi Tulang Belakang (Corpus Vertebrae).

3.I'tidal

Gerakan I'tidal ini adalah gerakan ke 3 dalam Shalat,I'tidal ialah Bangun dari ruku,tubuh Kembali tegak,dan mengangkat Kedua Tangan Kita setinggi Telinga.
I'tidal merupakan gerakan bangun dari Ruku,organ-organ yang ada dalam di dalam tubuh mengalami pemijatan dan Pelonggaran secara bergantian,dan akan memperlancar Pencernaan.

4.Sujud

Gerakan Sujud ialah menungging dengan meletakkan kedua tanganLutut,dan Ujung Kaki kita Ke Lantai.
Aliran Getang bening akan dipompa ke bagian leher dan Ketiak,sehingga menyebabkan darah kaya dengan Oksigen.

5.Duduk diantara 2 Sujud

Gerakan ini juga bisa disebut dengan Duduk Iftirosy,pada duduk ini,kita bertumpu pada Pangkal paha yang terhubung dengan Syaraf Nervus Ischiadus,ini menyebabkan menghindarkan Nyeri pada Pangkal Paha.

6.Salam

Gerakan Terakhir dari Shalat ialah Shalam,gerakan ini ialah memutar kepala kita ke kiri dan ke kanan secara Bergantian.
Manfaat Gerakan ini ialah Relaksasi Otot sekitar Leher,gerakan ini menyempurnakan aliran darah ke Kepala,Gerakan ini juga mencegah Sakit kepala dan menjaga Kekencangan Wajah.


Itulah Pengertian dan Manfaat Shalat bagi Kesehatan kita,mudah2an artikel ini bermanfaat..........

No comments:

Post a Comment